Sebelum Membeli Karpet, Kenali Macam-Macam Karpet Lantai Berikut Ini

Selain memperhatikan jenis karpet maupun motifnya agar sesuai dengan ruangan dan interior serta kenyamanan, satu lagi yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membeli karpet. Yaitu mengenal macam-macam bahan karpet. Hal ini penting agar Anda tahu mana yang cocok dipasang di ruangan Anda. Berikut ini macam-macam karpet lantai berdasarkan bahannya.

  • Karpet Wol

Wol merupakan bahan yang paling umum dipakai dalam pembuatan karpet lantai. Alasannya adalah daya tahannya serta kelembutan bahan wol yang tinggi. Karpet wol juga tahan air dan anti noda. Karpet lantai dari wol juga nyaman di kaki.

Meskipun karpet wol tahan air, namun sebaiknya tidak meletakkan karpet jenis ini di tempat yang lembab karena wol menyerap kelembaban sehingga warnanya mudah pudar. Ruangan yang paling pas untuk dipasang karpet wol adalah ruang makan, ruang keluarga dan ruang yang sering dilintasi penghuni rumah.

  • Karpet Sutra

Untuk bagian ruangan yang menampilkan sisi mewah dan elit, karpet sutera sangat cocok. Karpet berbahan sutra. Karpet ini sangat lembut dan halus. Harganya pun tak tanggung-tanggung, sampai milyaran.

Karena itulah karpet sutra lebih cocok dipasang di area yang jarang dilintasi orang banyak, misalnya kamar tidur, ruang kerja pribadi dan ruang keluarga.

  • Karpet Katun

Macam-macam karpet lantai selanjutnya adalah karpet yang berbahan katun. Jenis ini paling sering ditemui pada karpet tenunan datar. Katun biasanya dibandrol dengan harga yang lebih terjangkau ketimbang karpet wol, apalagi karpet sutra. Selain itu karpet katun juga lebih mudah dibersihkan.

Kekurangannya, karpet katun tidak awet lama. Ruang yang cocok untuk karpet ini adalah dapur, kamar anak-anak dan ruang bersantai.

  • Karpet Sisal, Jute, dan Rumput Laut

Jika Anda ingin karpet yang berbahan alami dan ramah lingkungan maka karpet serat sisal, jute dan rumput laut adalah jawabannya. Selain alami, serat tanaman ini juga tahan lama, kaya tekstur dan fleksibel. Kelebihan lainnya, karpet sisal, jute, dan rumput laut merupakan karpet yang bebeas dari proses kimiawi.

Kekurangannya, karpet dengan bahan tersebut kurang bervariasi dan kasar, dan kebanyakan sulit dibersihkan. Karena itu, ruangan yang cocok dipasang karpet sisal adalah ruang keluarga, bagian ruangan yang cerah, dan ruangan yang sering dilalui penghuni.

  • Karpet Kulit hewan

Sisi natural dan eksotik yang ditawarkan karpet kulit hewan juga menarik untuk dipasang di dalam rumah. karpet ini biasanya tersedia dalam panel jahit maupun tenunan strip. Karpet berbahan kulit hewan disukai jarena bahannya lembut, awet, da memiliki potongan unik serta mudah dibersihkan. Kekurangannya hanya pada daya tahan terhadap tempat lembab.

Karpet kulit hewan lebih cocok dipasang di kamar tidur, kantor dan bagian ruangan yang lalu lintas penghuninya rendah.

  • Karpet Sintetis

Macam-macam karpet lantai dari segi bahannya yang terakhir adalah dari serat buatan/sintetis. Yang masuk jenis ini adalah viscose, nilon, dan polypropylene. Bahan-bahan ini disukai banyak orang karena terus menerus ditingkatkan kualitasnya dan dibuat semirip mungkin dengan serat alami.

Keunggulannya, karpet ini mudah dibersihkan, ramah lingkungan, dan tahan dengan ruangan lembab. Jenisnya yang beragam juga menarik. Harganyapun tida kterlalu mahal.

Karpet sintetis cocok diletakkan di lorong maupun luar ruangan, juga bagus untuk area yang sering dilintasi pneghuni rumah.

Dengan mengenali macam-macam karpet lantai dari jenis bahannya, Anda jadi tahu dan bisa memilih mana karpet dengan bahan nyaman yang cocok untuk Anda. Tentunya juga tinggal menyesuaikan dengan ketersediaan bujet.

(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *