Ingin Traveling Bujet Minim? Terapkan 5 Tips Backpacker Wisata Irit

Apa yang terlintas dalam pikiranmu pertama kali mendengar kata traveling? Mungkin yang langsung terpikirkan adalah ‘membuang-buang uang’. Nah lho. Padahal kenyataaannya, pada traveling ala backpacker wisata justru berlaku hal yang sebaliknya.

Bahkan kalau kamu (mudah-mudahan tidak) berpenghasilan di bawah UMR, traveling ini bisa kamu jalani dengan lancar jaya. Tapi bagaimana caranya? Berikut ini 5 tips traveling irit ala backpacker yang bisa kamu pertimbangkan untuk diterapkan.

  • Buat Itinerary secara Terperinci

Bukan hanya agenda perjalanan, kamu juga harus mencatat biaya yang diperkirakan akan kamu keluarkan selama perjalanan traveling ala backpacker-mu. Pertama kali yang harus kamu cari adalah biaya pesawat, kereta, dan transportasi umum lainnya. Rajin-rajinlah mengunjungi laman resmi maskapai penerbangan, kereta api (KRL), dan bus.

Hal ini berlaku untuk kamu yang ingin melakukan traveling di dalam maupun luar negeri. Zaman yang sudah canggih seperti ini tentu memudahkanmu mencari informasi lewat internet bukan?

  • Hindari Traveling di Hari Libur

Melakukan perjalanan asyik seperti traveling memang lebih menyenangkan jika dilakukan dengan keluarga atau sahabat di hari libur. Tapi sayangnya, pada hari-hari tersebut harga tiket pesawat, penginapan, sampai biaya masuk tempat wisata lebih mahal dari hari biasa. Terkecuali tempat wisata yang Anda kunjungi itu gratis, contohnya pusat oleh-oleh murah.

Oleh karena itu, jika ingin traveling yang minim bujet, hindari memilih hari libur. Beberapa diantaranya yaitu libur akhir pekan, libur panjang seperti libur kenaikan kelas pada bulan Juni dan Desember, libur Lebaran, libur akhir dan awal tahun, serta hari libur nasional lainnya.

  • Pilih penginapan gratis sampai murah

Jangan segan untuk meminta tolong pada kenalan untuk meminta izin tinggal di rumahnya sementara waktu, meski yang baru dikenal melalui media sosial di internet. Saat ini sudah ada forum Backpacker Internasional dalam grup Facebook. Asalkan bisa menjaga diri, kamu bisa mengikutinya.

Tapi kalau tidak memungkinkan, pilih penginapan murah seperti hostel yang menyediakan dorm. Kamu pun bisa bertukar informasi dengan traveler dan backpacker lainnya di sini. Bahkan kamu bisa merencanakan perjalanan bareng untuk menerapkan backpacker wisata murah meriah menuju tempat wisata berikutnya karena biaya dihitung rombongan.

  • Bawa Makanan dan Minuman Sendiri

Salah satu makanan populer versi CNN yang didaulat sebagai makanan terenak di dunia adalah rendang. Selain enak, makanan ini juga super awet lho. Bisa sampai berbulan-bulan jika dimasak dengan serundeng. Nah, kamu bisa memanfaatkan masakan ini sebgai alternatif lauk makan selama traveling. Jadi, kamu tinggal membeli sayuran dan minumnya saja.

Tapi kalau ingin sesekali mencoba kuliner khas daerah setempat, kamu bisa pilih tempat angkringan atau pinggir jalan. Selain harganya yang terjangkau, rasanya juga dijamin tak kalah enak dengan yang ada di restoran mewah.

Pastikan menggunakan botol minuman dengan kualitas baik yang aman untuk terus diisi ulang. Harga air botol mineral lebih mahal daripada harga makanan. Untungnya, kamu bisa menemukan banyak keran air yang airnya aman untuk diminum secara langsung. Kamu juga bisa mengisi ulang botol minuman dari air keran tersebut.

  • Mengajak Teman

Dengan mengajak teman, pengeluaran bisa dibagi dua, jadi lebih hemat dan irit bukan? Selain itu, jika kamu pemula, maka dengan mengajak teman, kamu bisa menjadikannya teman perjalanan yang saling menjaga satu sama lain.

Selain kelima tips backpacker wisata irit tersebut, kamu juga jangan terlalu memikirkan oleh-oleh yang harus kamu beli. Tujuan kamu kan untuk refreshing, jadi hilangkan hal-hal yang bisa membuatmu terbebani saat traveling. Terapkan kelima tips tersebut bersama orang-orang terdekatmu dan buat momen tak terlupakan dengan traveling asyik sekaligus irit.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *