Ciptakan Rumah Ramah Anak dengan Cara Ini

Sebagian dari Anda masih sangat asing dengan istilah ini. Namun, istilah ini harus Anda ketahui, terutama bagi Anda yang sudah memiliki anak di rumah apalagi yang usianya masih dikatakan cukup kecil, misalnya di bawah lima tahun. Rumah ramah anak dimaksudkan sebagai suatu rumah, yaitu tempat tinggal yang memiliki suasana yang nyaman dan aman. Tentunya, Anda ingin menciptakan suasana rumah menjadi aman dan nyaman bagi si kecil dan Anda sekeluarga. Karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan cermati lebih lanjut agar rumah Anda bisa ramah anak.

  • Pilih Furnitur dengan Tepat

Ada beberapa hal mengenai furnitur yang harus Anda perhatikan dan harus Anda ketahui sebelumnya. Terutama jika Anda masih sedang merencanakan pembelian furnitur untuk rumah baru Anda. Sebisa mungkin, hindari pembelian furnitur dengan bentuk yang memiliki sudut yang tajam. Tak hanya berbahaya terhadap anak kecil, sebagai orang dewasa juga pasti beberapa kali pernah terbentur dengan ujung meja dan jadi memar dan cedera. Tentu saja, mengenai furnitur lebih baik pilih yang lebih tumpul atau bahkan yang tidak memiliki sudut, misalnya berbentuk lingkaran. Anda dapat dengan mudah menjumpai meja berbentuk lingkaran. Meja ini selain tidak membahayakan juga akan menghemat tempat secara tidak langsung. Solusi lainnya adalah dengan membeli pelindung sudut meja yang terbuat dari bahan karet atau plastik. Pasang pelindung tersebut pada setiap sudut-sudut furnitur agar jadi aman.

  • Hindari Tegangan Listrik

Anda juga perlu melindungi anak Anda dari instalasi listrik rumah yang dapat dikatakan cukup berbahaya bagi anak kecil. Anda perlu berhati-hati, apalagi dengan anak kecil yang masih senang untuk mengeksplorasi seluruh isi rumah, tak terkecuali dengan perangkat listrik di rumah Anda. Untuk beberapa stopkontak yang terletak di bagian bawah tembok perlu Anda perhatikan lebih lagi. Anda bisa menggunakan pelindung berupa penutup stopkontak yang bisa dibuka dan dikunci agar tetap terlindungi dengan baik dan aman dari jangkauan anak-anak.

Begitu juga halnya dengan kabel-kabel dari perangkat listrik yang harus Anda simpan dengan rapi. Jangan biarkan kabel menjuntai begitu saja sehingga akan mudah ditarik-tarik dan bahkan bisa menyebabkan perangkat elektronik terjatuh, melukai anak Anda, dan bahkan tidak menutup kemungkinan untuk jadi rusak.

  • Jauhkan dari Tempat Tinggi

Saat ini, rumah di daerah kota besar sebagian besar tinggi menjulang ke atas yang otomatis banyak rumah yang menggunakan tangga di dalam rumahnya. Tangga yang menjadi sebuah kebutuhan di rumah-rumah ini juga bisa jadi berbahaya buat anak jika tidak dilindungi dengan baik, misalnya terjatuh atau terbentur ujung tangga yang tajam. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan tangga Anda jadi ramah anak. Misalnya dengan memasang pagar kecil di ujung tangga agar anak Anda tidak bisa turun ke bawah tanpa adanya pengawasan dari orang dewasa. Hal ini merupakan salah satu cara yang efektif karena biasanya anak kecil akan kesulitan untuk membuka kunci dari pagar tersebut sehingga mereka tidak bisa keluar dan turun melalui tangga.

  • Amankan Kamar Mandi

Jangan lupakan juga untuk memperhatikan kamar mandi agar tetap aman dan tidak licin. Air dan sisa-sisa sabun yang tidak tersiram dengan baik tentu akan membuat lantai di kamar mandi jadi jauh lebih licin dan berbahaya. Karena itu pastikan semua sisa sabun terbilas dengan baik dan gunakan karpet tambahan dari karet agar antislip dan tidak licin.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *