Alergi Pollen, Alergi Terhadap Serbuk Bunga

Biasanya alergi pollen atau serbuk bunga lebih banyak terjadi pada orang-orang yang tinggal di negara dengan 4 musim. Untuk negara-negara dengan 2 musim seperti Indonesia, memang jarang orang-orang mengalami reaksi hipersensitivitas terhadap serbuk bunga. Orang-orang yang terkena paparan pollen atau serbuk bunga, mengalami reaksi hipersensitivitas berupa hidung berair, mata gatal, mata berair, bersin dan lain sebagainya. Mungkin anda bertanya-tanya, mengapa orang-orang yang tinggal di negara 4 musim lebih banyak yang mengalami reaksi hipersensitivitas terhadap serbuk bunga. Sebenarnya hal tersebut karena mereka jarang terpapar oleh serbuk bunga sehingga tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Sedangkan negara dengan 2 musim seperti Indonesia, masyarakatnya memiliki sistem imun yang lebih kuat karena lebih sering terpapar oleh serbuk bunga. Seperti yang anda ketahui, serbuk bunga bukanlah sesuatu yang berbahaya bahkan serbuk bunga ketika berada pada tanah dan lingkungan yang sesuai nantinya dapat tumbuh menjadi bunga yang cantik. Namun tubuh yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi terhadap serbuk bunga tidak berkata demikian. Tubuh terutama antibodi yang ada di dalam tubuh menganggap bahwa serbuk bunga merupakan zat asing yang berbahaya dan harus dihilangkan. Untuk menghilangkan serbuk bunga dari tubuh, antibodi akan merangsang terbentuknya histamin yang nantinya akan menimbulkan berbagai reaksi yang disebut sebagai reaksi hipersensitivitas seperti bersin-bersin dan hidung berair.

Serbuk bunga sendiri dapat menyebar kemana-mana karena serbuk bunga dapat berpindah tempat melalui udara. Tentu saja hal ini dapat terjadi karena serbuk bunga memiliki ukuran yang kecil dan sangat ringan sehingga dapat terbawa oleh angin. Serbuk bunga muncul ketika tumbuh-tumbuhan seperti misalnya pohon mangga mulai bereproduksi dengan melepas serbuk bunga dengan tanaman sejenis yang berada di dekatnya.karena itulah daerah disekitar tumbuh-tumbuhan yang sedang bereproduksi tingkat serbuk bunganya sangat tinggi. Ketika serbuk bunga dilepaskan dan terbawa angin, harapannya tentu saja serbuk bunga tersebut dapat mencapai tumbuhan sejenis lainnya, namun tak jarang serbuk bunga tersebut tidak dapat mencapai tumbuhan lain dan akhirnya mendarat pada orang-orang. Reaksi hipersensitivitas yang muncul akibat serbuk bunga disebut juga sebagai alergi rhinitis. Kondisi ini banyak diderita oleh masyarakat di seluruh dunia, salah satunya masyarakat Amerika dimana sekitar 40 juta masyarakat Amerika menderita hipersensitivitas akibat benda-benda yang ada di udara seperti serbuk bunga, debu, spora jamur dan lain sebagainya. Seperti namanya, reaksi hipersensitivitas terhadap serbuk bunga terjadi ketika terpapar oleh serbuk bunga terutama ketika terjadi musim tumbuh-tumbuhan mulai bereproduksi. Ketika hari sangat panas, kering dan juga banyak angin, banyak sekali serbuk bunga yang terbawa ke segala arah. Serbuk bunga yang terbawa angin bisa tersebar hingga berkilo-kilo meter jauhnya dari tumbuhan asalnya. Namun ketika hujan muncul, serbuk bunga tidak dapat tersebar di udara karena akan tersapu oleh hujan dan langsung jatuh ke tanah. Untuk menghindari serbuk bunga tentu saja sangat susah karena serbuk bunga tidak dapat dilihat seperti ketika anda mengalami hipersensitivitas terhadap makanan. Untuk menghindari alergen berupa serbuk bunga, yang bisa dilakukan hanyalah selalu menggunakan masker ketika pergi ke luar ruangan. Dengan begitu serbuk bunga akan menempel pada masker dan tidak dapat masuk ke dalam saluran pernapasan anda.

Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa alergi terhadap serbuk bunga merupakan suatu kondisi yang diturunkan. Kemungkinan besar anda memiliki kondisi ini karena keluarga anda ada yang juga memiliki tingkat sensitivitas tinggi terhadap sesuatu, entah makanan, minuman, obat, debu atau hal lainnya. Terutama apabila orang tua memiliki reaksi hipersensitivitas, maka kemungkinan besar anaknya juga mengalami kondisi yang sama. Untuk menghindari agar tidak mengalami reaksi hipersensitivitas karena terpapar oleh serbuk bunga, anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Gunakan topi dan kacamata hitam

Menggunakan kacamata hitam pada pagi hari atau malam hari memang terlihat aneh, apalagi menggunakan topi dan kacamata hitam sekaligus. Mungkin anda akan terlihat mencurigakan, akan tetapi hal ini harus anda lakukan untuk mencegah agar serbuk bunga tidak masuk ke dalam saluran pencernaan anda dan juga tidak masuk ke dalam mata anda.

  • Memiliki penyaring udara di rumah

Jika anda memiliki penyaring udara di rumah, maka tingkat kemungkinan anda akan mengalami reaksi hipersensitivitas di rumah akan berkurang. Karena ukuran serbuk bunga yang sangat kecil, sangat memungkinkan apabila serbuk bunga dapat masuk ke dalam rumah.

  • Rutin mengganti filter pada mobil anda

Filter udara pada mobil anda harus rutin anda ganti agar filter udara dapat menyaring dan menghalau serbuk bunga masuk ke dalam mobil. Filter mobil yang sudah tua dan tidak pernah dibersihkan memiliki kemungkinan lebih besar untuk menyemburkan serbuk bunga ke dalam mobil anda.

(Visited 29 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *